Cari Blog Ini

Minggu, 11 September 2011

terumbu karang


Habitat Karang
Habitat terumbu karang umumnya di pulau-pulau yang memiliki perairan pantai yang jernih, kadar oksigen tinggi, bebas dari sedimen dan polusi serta bebas limpasan air tawar yang berlebihan. Lebih dari 95% pulau-pulau Indonesia dikelilingi oleh terumbu karang.

Penyebaran terumbu karang pada umumnya dapat dijumpai pada perairan yang dibatasi oleh permukaan yang mempunyai isoterm (200C). Terumbu karang biasanya berasosiasi dengan pulau-pulau kecil dan sedang. Pulau-pulau yang lebih besar dan pantai benua kurang menunjang untuk kehidupan karang, karena tingginya sedimentasi, kekeruhan dan salinitas rendah yang diakibatkan oleh adanya aliran-aliran sungai ke laut. Pulau-pulau yang jauh dari pantai dan terpencil menunjang terumbu dengan baik dan meluas seperti yang kita temukan pada kepulauan kangean, dimana hampir seluruh pulau yang berada di gugusan pulau tersebut kaya akan diversitas hayati ekosistem terumbu karang. Sebaran terumbu karang di Jawa Timur  diwakili dengan baik di sepanjang pantai Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, dan Trenggalek. Adapun kondisi terumbukarang dapat di kawasan tersebut dapat dilihat dalam lampiran.

Faktor-faktor lingkungan yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan dan  kelangsungan hidup karang antara lain :
1. Suhu
    Suhu paling optimal bagi pertumbuhan karang berkisar antara 26 – 300C.
2. Cahaya
Intensitas cahaya sangat mempengaruhi kehidupan karang yaitu pada proses
fotosintesa Zooxanthella yang produknya kemudian disumbangkan ke polip
karang.
3. Kekeruhan air
Kekeruhan akan menyebabkan terhambatnya intensitas cahaya yang masuk ke
dalam air, sehingga mengganggu proses fotosintesa zooxanthella.
4. Salinitas
Salinitas mempengaruhi kehidupan karang, karena adanya tekanan osmosis pada jaringan hidup. Salinitas optimum bagi kehidupan karang berkisar antara 30-35 ‰.
5. Substrat
Planula karang membutuhkan substrat yang keras dan bersih dari lumpur. Substrat ini berperan sebagai tempat melekatnya planula karang yang kemudian tumbuh menjadi karang dan membentuk komunitas yang kokoh.
6. Pergerakan massa air
Pergerakan massa air antara lain berupa arus dan atau gelombang penting untuk transportasi zat hara, larva, bahan sedimen dan oksigen. Selain itu arus dan atau gelombang dapat membersihkan polip karang dan kotoran yang menempel. Itulah sebabnya karang yang hidup di daerah berombak dan atau ber-arus kuat lebih  berkembang dibanding daerah yang tenang dan terlindung.

Nilai Penting Terumbu Karang
Terumbu karang sebagai salah satu ekosisem yang eksotik yang berada di perairan Indonesia yang memiliki berbagai nilai penting baik nilai ekonomi, nilai ekologi, nilai estetika maupun nilai IPTEK.

1 komentar:


  1. Hot Promo Edenpoker, Bonus NEW MEMBER Rp.10.000,- + Bonus DEPOSIT 5%
    Nikmati promo menarik Edenpoker .co
    - Minimal deposit da withdraw Rp.15.000,-
    - Bonus Rollingan 0,3 - 0.5%
    - Bonus New Member RP.10.000,-
    - Bonus Deposit 5%
    - Bonus referral sebesar 10% seumur hidup
    Nikmati juga JACKPOT hingga Ratusan Juta Rupiah.
    Ajak temanmu sebanyak mungkin untuk bermain di Edenpoker, dan dapatkan 10% BONUS REFERRAL...
    Jadi Tunggu Apa lagi... Ayo Daftar Sekarang Juga,Ajak Teman-teman Kalian Dapat Bonus Juga.Poker Pelayanan Cepat dan Baik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Customer Service kami di :

    WA : +855 7863 3569

    LINK : WWW. Edenpoker .co

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .BET

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .CO .

    BalasHapus